10 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Sedang mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri? Untuk memperkuat keyakinanmu, jangan lupa baca alasan kenapa kamu harus kuliah ke luar negeri. Kalau keyakinanmu untuk study abroad sudah mantap, simak hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum tanggal keberangkatanmu ini ya!

1. Buat/perbarui paspor kamu dan pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah siap


Gambar via Wikimedia
Sekarang juga, coba keluarkan paspor kamu dan cek tanggal berlakunya. Kalau sudah/akan berakhir, kamu lebih baik segera memperbaruinya deh, karena kamu nggak mau masa berlaku paspormu habis ketika sudah berada di negara orang.
Pastikan juga semua dokumen yang diminta kampus (seperti ijazah SMA, sertifikat IELTS/TOEFL, dan riwayat kesehatan misalnya) sudah siap dan tidak akan tertinggal pada hari keberangkatan.

2. Sering-sering cek nilai mata uang negara tujuan terhadap rupiah


Gambar via Antara
Kadang-kadang naik turunnya nilai rupiah tidak menentu, jadi tidak ada salahnya kalau kamu sudah mulai melek tentang currency exchange mulai sekarang. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk memperkirakan berapa banyak uang yang benar-benar harus kamu persiapkan.

3. Pantau berita tentang negara tujuan kamu


Gambar via istudyincanada.com
Hal ini sangat, sangat penting, apalagi jika kamu belum pernah mengunjungi negara tujuan kamu sebelumnya. Cari tahu tentang budaya orang-orang di sana, hal apa saja yang harus kamu lakukan dan hal apa saja yang harus kamu hindari. Bagus juga jika kamu belajar bahasa negara tujuan, apalagi jika warga negara tujuan kamu tidak banyak yang lancar berbahasa Inggris.

4. Cari informasi tentang kedutaan Indonesia di sana


Gambar via VIVA
Setidaknya data alamat dan nomor telepon kedutaan serta nama orang-orang yang bisa kamu hubungi sepanjang keberadaanmu di sana harus sudah tersimpan di setiap gadget kamu. Pastikan juga kamu mengerti soal peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pelajar internasional di negara tujuan kamu, seperti masa berlaku visa, izin kerja, dll.

5. Perhatikan kesehatan


Gambar via Irish Doctor Calendar
Sebelum berangkat, sebaiknya kamu melakukan medical check-up dan vaksinasi. Bawa obat-obatan pribadimu, dan beritahu perusahaan asuransimu tentang rencanamu kuliah di negara tujuan.


6. Pastikan semua berkas penerbangan berada di tanganmu selama perjalanan


Gambar via anefforttoevolve.com
Pastikan berkas-berkas berharga seperti paspor, visa, tiket, dan bahkan surat-surat yang menandakan bahwa kamu adalah warga negara Indonesia yang akan belajar di negara tujuan (jika ada) selalu berada di dekat kamu. Jangan masukkan barang-barang ini di kopermu, bawalah di ranselmu!

7. Beritahu orang-orang ke mana kamu akan pergi dan informasi kontak kamu


Gambar via BYU
Percayakan informasi tentang rencana studimu ke luar negeri seperti negara tujuan, nama universitas tempat kamu akan belajar, nomor ponsel dan alamat surel kamu ke orang-orang yang kamu percayai. Informasi ini sangat penting jika ada kejadian emergency.

8. Pastikan dokumen-dokumen, tempat tinggal, dan itinerary kamu sesuai dan tidak ada kesalahan


Gambar via querobarco.com.br
Hal ini sangat penting dilakukan sebelum berangkat. Ingat, kamu harus sudah tahu informasi penerbangan, kapan tepatnya kamu akan sampai di bandara tujuan, dan bagaimana cara pergi ke universitas/tempat tinggalmu di sana setelah mendarat.

9. Cari tahu informasi soal bank di negara tujuan


Gambar via Enchanted America
Sebelum berangkat, coba pergi ke bankmu dan tanya-tanya tentang fasilitas perbankan internasional bank kamu. Cari tahu juga bank yang punya cabang/partner di negara tujuan.

10. Kalau kamu ikut summer course, exchange program, atau semacamnya, pastikan mata kuliah yang kamu ambil sesuai dan dapat diterima oleh kampusmu


Gambar via oxfordbusinesscollege.net
Jangan sampai perjuanganmu di negeri orang nanti berakhir sia-sia secara akademis!



Sumber : http://www.selipan.com/tips/10-hal-harus-kamu-tahu-kuliah-luar-negeri/2/
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment