Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Bau Mulut


Tanaman sirih bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat herbal tradisional yang aman dan ampuh. Manfaat daun sirih bagi kesehatan diantaranya mengatasi bau mulut, mencegah kanker, serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.


Khasiat sirih untuk membuat nafas segar sudah terbukti ampuh, bahkan dari zaman nenek moyang dahulu. Tentu anda tahu kebiasaan "nginang". Budaya nenek moyang ini bukan hanya sebagai pengisi waktu luang, tetapi juga bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi. Efeknya, nafas tetap segar meskipun tidak memakai pasta gigi.


manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau mulut
Daun sirih (suruh) sudah terbukti ampuh mengatasi nafas tak sedap



Aroma khas daun tanaman sirih berasal dari minyak esensial di dalamnya, yaitu metil eugenol, eugenol, eucalyptol, dan asam stearat.

Menurut penelitian "Asian Pacific Journal of Cancer Prevention" pada tahun 2011, manfaat mengunyah daun sirih (bukan memakan) adalah untuk mencegah bau mulut, membuat nafas lebih segar, serta merawat kesehatan gigi dan gusi.

Batang tanaman sirih juga berkhasiat untuk mengobati gangguan pencernaan, sembelit, batuk, dan asma. Sedangkan kandungan minyak esensial pada daun sirih bermanfaat sebagai antiseptik alami.



Apa Saja Penyebab Bau Nafas Tak Sedap?


Dalam istilah kedokteran, bau mulut yang tidak sedap disebut halitosis. Penyebab halitosis ini beragam, mulai dari jarang menggosok gigi, cara menggosok gigi yang kurang benar (bukan salah), konsumsi makanan tertentu (bawang merah, bawang putih, jengkol, petai, telur, dan keju), sampai adanya masalah kesehatan pada mulut, gigi atau pun gusi.



Baca juga : Cara menggosok gigi yang baik dan benar



Cara mengolah sirih menjadi ramuan tradisional sebenarnya sangat bermacam-macam. Selain berkhasiat untuk membuat nafas segar, daun sirih juga berguna untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti mengharumkan organ intim wanita, mengobati keputihan, haid mengeluarkan terlalu banyak darah, serta mengobati gatal-gatal pada "miss V".



Cara Mengolah Daun Sirih Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Bahan-bahan ramuan :
  • 7 lembar daun sirih
  • 1 mangkuk air bersih



Cara membuat ramuan sirih :

  • Cuci bersih daun sirih menggunakan air mengalir.
  • Ambil 1 mangkuk air, masukkan 7 lembar daun ke dalamnya.
  • Remas-remas selama beberapa saat sampai daun hancur.
  • Saring air daun sirih.



Cara memakai ramuan sirih :

  • Gunakan air tersebut untuk berkumur pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  • Lakukan setiap hari secara teratur, insya allah bau mulut tak sedap akan hilang dan berubah menjadi nafas segar secara alami.



Memang benar olahan herbal daun sirih buatan sendiri memiliki kandungan zat-zat alami yang lebih komplit dibanding produk olahan pabrik. Hal ini dikarenakan kandungan fitokimia di dalamnya masih utuh dan sempurna.

Namun demikian, anda bisa memakai produk olahan sirih yang siap pakai (pasta gigi dan sejenisnya) untuk mengatasi masalah nafas tak sedap. Karena pastinya proses pengolahan produk tersebut masih memperhatikan kandungan alami dalam daun sirih. Jadi anda tidak perlu khawatir.
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+