Obrolan Tentang Sakit Jiwa Paling Populer

img


 Meski sangat mematikan dan banyak memakan korban, kanker dan serangan jantung bukanlah jenis penyakityang paling banyak diobrolkan pengguna internet. Di berbagai forum diskusi, topik kesehatan yang paling populer justru gangguan mental.

Survei terbaru yang dilakukan Asia Pasific Digital Health Index mengungkap, para pengguna internet paling antusias jika membicarakan masalah berbagai jenis gangguan mental. Mulai dari yang sederhana seperti stres, gangguan kegelisahan hingga depresi.

Penyakit-penyakit menular seperti Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), malaria dan kolera menempati urutan kedua di bawah gangguan mental. Topik ini masih mengungguli penyakit-penyakit kronis seperti kanker dan gangguan sistem kardiovaskuler.

Obrolan tentang penyakit kronis tersebut bahkan tidak masuk 3 besar, sebab di urutan ketiga adalah masalah-masalah kewanitaan seperti menstruasi, menopause dan kesuburan. Diyakini karena bersifat sangat personal, para wanita lebih nyaman membahasnya di internet.

Urutan keempat ditempati topik-topik tentang gangguan metabolisme, termasuk diabetes dan kegemukan. Penyakitkardiovaskular yang antara lain meliputi hipertensi atau tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jatung hanya menempati urutan kelima.

Urutan berikutnya berturut-turut ditempati oleh obrolan tentangpenyakit kulit, kanker, penyakit gastrointestinal (saluran pencernaan) termasuk maag dan refluks asam lambung, gangguan pernapasan serta berbagai masalah pada sistem rangka dan otot.

Survei ini dilakukan dengan menelusuri kata-kata yang berhubungan dengan penyakit tertentu, yang muncul dalam obrolan pengguna internet di berbagai forum diskusi. Dikutip dari Indiavision, Rabu (1/6/2011), sedikitnya ada 18.000 kata yang dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan topiknya.(up/ir)


Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/01/181959/1652129/763/obrolan-tentang-sakit-jiwa-paling-populer?l991101755
 
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment