Proton Ingin 'Caplok' Nissan March


Gambar
Nissan March (Ikhsan-detikOto)

Kuala Lumpur
 - Produsen mobil Proton makin gencar mendekati Nissan. Perusahaan otomotif asal Malaysia itu ternyata berniat meminta March untuk dijadikan salah satu mobil dengan emblem Proton.

Seperti diberitakan sebelumnya, Proton dan Nissan saat ini sedang melakukan sebuah pembicaraan kerja sama untuk berbagi platform kendaraan. Hal ini kerap kali dilakukan oleh banyak pabrikan termasuk Proton.

Bukan hanya dengan Nissan, sebelumnya Proton juga sudah bekerja sama dengan Lotus yang sahamnya mereka miliki dan Mitsubishi. Bersama Mitsubishi lahirlah Proton Inspira yang merupakan mobil contekan dari Mitsubishi Lancer.

'Proton March' ini menurut Inside Line, Kamis (10/3/2011) sudah ditargetkan oleh Proton untuk segera keluar ke pasaran, tahun 2012 dan 2013 menjadi target waktu peluncuran mobil subkompak Nissan dengan emblem Proton tersebut.

Negosiasi mengenai kerja sama antara kedua belah pihak tersebut saat ini sedang dilakukan dan ditargetkan rampung pada 30 April 2011.

Di tangan Proton, tentu saja nama March atau pun Micra akan disingkirkan dan diganti dengan nama dari Proton. Dengan kerja sama berbagi platform ini, Proton pun akan bisa menghemat dana pengembangan hingga US$ 200 juta dan mempercepat pengenalan produk mereka di pasar.

Direktur Proton Dato Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir mengatakan kesepakatan itu bisa "secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk baru dan melakukan penghematan biaya yang luar biasa dalam hal pengembangan produk."

Sumber : 
http://oto.detik.com/read/2011/03/10/132420/1588652/648/proton-ingin-caplok-nissan-march?o991102638
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment