Tulang Panggul Masih Tetap Tumbuh Hingga Usia 80 Tahun

img


 Kesulitan meresleting celana atau jeans Anda? Jangan melulu menyalahkan lemak di perut karena bisa jadi tulang pinggul Anda memang membesar. Studi baru menunjukkan bahwa tulang panggul manusia masih tetap tumbuh hingga usia 80 tahun.

Kebanyakan orang sudah tidak bertambah tinggi setelah usia 20 tahun. Tetapi studi baru-baru ini yang dipublikasikan dalam Journal of Orthopaedic Researchmenemukan bukti bahwa panggul atau tulang pinggul terus melebar atau tumbuh baik pada pria maupun wanita sampai sekitar usia 80 tahun, lama setelah kerangka dianggap telah berhenti tumbuh.

"Meskipun tidak banyak orang yang menyadari bahwa ukuran pinggangnya lebih lebar pada usia 40 atau 60 tahun dibandingkan saat 20 tahun. Ini karena penambahan lebar itu dianggap berasal dari peningkatan lemak tubuh," jelas Dr. Laurence E. Dahners, penulis utama studi dan profesor di University of North Carolina School of Medicine, seperti dilansir ABC News, Rabu (8/6/2011).

Dr. Dahners dan tim penelitinya tersandung fenomena 'pelebaran pinggul' ini saat mempelajari hasil sinar-X pasien dalam studi lain yang tidak berhubungan.

"Tampaknya semakin tua maka semakin lebar panggul Anda, yang tampak tidak masuk akal. Hal itu bertentangan dengan semua yang pernah kita dengar, bahwa orang muda yang lebih besar dan lebih kuat dari generasi yang lebih tua," kata Dr. Dahners.

Tim peneliti akhirnya memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut, meninjau CT scan dari 246 pasien yang dipilih secara acak, termasuk sekitar 20 pria dan 20 wanita di setiap kelompok dengan rentang usia berjarak 10 tahun, yaitu antara usia 20-29 tahun dan 70-79 tahun.

Peneliti mengukur jarak antara sendi pinggul, lebar sendi pinggul, lebar inlet panggul (jalan pembukaan lahir yang berada di tengah panggul) serta tinggi dan lebar dari tulang belakang L4, untuk memastikan pasien tidak lebih besar dan lebih tinggi.

Dan peneliti menemukan bahwa semua pasien menunjukkan hasil yang sama, yaitu ukuran tulang pinggul akan semakin lebar seiring dengan usia, setidaknya hingga usia 80 tahun.

Lebar panggul pada pasien tertua rata-rata hampir 1 inci lebih lebar ketimbang pasien termuda. Juga ditemukan bahwa terdapat peningkatan ukuran pinggang sekitar 3 inci dari usia 20 hingga 79 tahun.

"Katakanlah Anda menggunakan celana dengan ukuran pinggang 30 inci saat berusia 20 tahun, maka pada saat usia 80 tahun ukuran celana Anda harus 33 inci, bahkan jika lemak di perut Anda tidak bertambah," jelas Dr. Dahners.(mer/ir



Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/08/130116/1655764/763/tulang-panggul-masih-tetap-tumbuh-hingga-usia-80-tahun?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment