Rasa Takut Mati Bisa Memperburuk Kondisi Pasien Jantung


img


 Pasien serangan jantung biasanya memiliki rasa takut terhadap kematian. Tapi rasa takut akan mati yang terus menerus bisa memberikan hasil yang buruk dalam proses penyembuhannya.

Peneliti dari London yang menganalisis 208 pasien jantung menilai tingkat ketakutan yang tinggi terhadap kematian bisa membuat kondisi jantungnya semakin parah. Hal ini karena stres yang dialami dapat meningkatkan kadar senyawa kimia TNF-alfa.

Kadar zat TNF-alfa yang lebih tinggi pada pasien serangan jantung terkait dengan peradangan dalam darahnya yang lebih tinggi. Dalam European Heart Journal peneliti mengungkapkan kadar zat kimia yang tinggi tersebut bisa memperburuk kondisi kesehatan.

"Respons inflamasi yang besar diketahui bisa merusak jantung dan meningkatkan risiko jangka panjang terhadap masalah jantung," ujar Andrew Steptoe dari British Heart Foundation, seperti dikutip dari BBCNews, Jumat (3/6/2011).

Selain menganalisa kadar emosional pasien, peneliti juga mengukur tingkat variabilitas jantung dan hormon stres kortisol selama 3 minggu setelah terjadinya serangan jantung.

Prof Steptoe yang mengerjakan studi ini mengungkapkan rasa takut akan mati bukan hanya suatu respons emosional, tapi dihubungkan dengan adanya perubahan biologis yang terjadi selama gangguan jantung akut.

Sementara itu Dr Mike Knapto selaku direktur medis dari British Heart Foundation menuturkan bahwa orang-orang yang paling menderita selama serangan jantung memiliki tingkat TNF-alfa yang lebih tinggi, sehingga berhubungan dengan adanya peradangan yang lebih besar dalam tubuhnya.

"Apa yang perlu dilakukan sekarang adalah membantu menghilangkan ketakutan pada pasien serangan jantung, sehingga diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih baik dalam jangka waktu panjang," ujar Dr Knapto.(ver/ir



Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/03/100326/1652583/763/rasa-takut-mati-bisa-memperburuk-kondisi-pasien-jantung?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment