Dokter Seleb Mengaku Tak Pakai Gelar Dokter Saat Beriklan

img


 Departemen Kesehatan menetapkan peraturan bahwa tenaga kesehatan termasuk dokter tidak boleh mengiklan dan menjadi model, kecuali iklan layanan masyarakat. Namun dokter seleb mengaku tak pernah menggunakan gelar kedokterannya saat menjadi model iklan.

Berdasarkan Permenkes 1787/Menkes/PER/XII/2010, tenaga kesehatan dilarang mengiklan atau menjadi model iklan obat, alat kesehatan dan fasilitas kesehatan, kecuali iklan layanan masyarakat.

Lantas bagaimana dengan dokter seleb seperti dr. Lula Kamal, MSc dan dr. Sonia Wibisono yang sering menjadi model iklan?

"Kalau buat iklan saya nggak mau dituliskan sebagai dokter, pakar kesehatan juga nggak. Saya hanya mau ditulis Lula Kamal sebagai ibu rumah tangga atau presenter," jelas dr. Lula Kamal, MSc yang aktif menangani pasien narkoba, disela-sela acara peluncuran buku 'The Doctors' terbitan PT Bhuana Ilmu Populer, di Hotel Gran Mahakam, Jakarta, Selasa (7/6/2011).

dr. Lula juga menuturkan bahwa ia harus mengetahui bahwa produk yang diiklankannya benar-benar bermanfaat dan tidak hanya mengobral janji.

"Sebelum jadi model iklan, saya harus mencoba produk itu dulu. Bukan cuma saya, keluarga juga, jadi nggak asal iklan aja. Kalau ternyata bohong ya saya tolak, banyak yang sudah saya tolak karena ternyata bohong," lanjut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Selain itu, dr. Lula juga memilih produk-produk apa saja yang akan diiklankannya. dr. Lula mengaku tidak mau mengiklankan produk obat, kecuali suplemen atau vitamin.

Hal senada juga disampaikan oleh dokter seleb lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Sonia Wibisono.

"Saya nggak apa-apa aja (jadi model iklan), biasanya iklan sebagai presenter. Jadi dipisahkan antara dokter dan presenter. Saya juga nggak mau ditulis dokter. Buat saya sih edukasinya," jelas dr. Sonia yang pernah berpraktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

dr. Sonia mengaku bahwa ia mau menjadi model iklan sebagai orang lain, bukan sebagai dokter. Ia pun yakin produk yang ingin menjadikannya model iklan juga mengetahui konsekuensi jika tetap menggunakan gelar kedokteran.

"Selama juga ini belum ada (teguran dari Depkes)," tutup dr. Sonia.(mer/ir



Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/08/100555/1655522/763/dokter-seleb-mengaku-tak-pakai-gelar-dokter-saat-beriklan?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment