Cara Bertahan dari Udara Panas


img


 Saat musim panas dengan suhu udara yang tinggi seperti ini biasanya daya tahan tubuh akan mudah drop. Kelembaban yang tinggi akibat cuaca panas berakibat pada kesulitan tubuh mendinginkan badan.

Suhu badan yang panas membuat tubuh bisa mengalami reaksi kelelahan yang ditandai dengan gejala pusing, sakit kepala bahkan mengalami pingsan.
Maka itu sangat penting untuk melindungi tubuh dari panas yang ekstrem karena panas ekstrem bisa membahayakan tubuh hingga menyebabkan kematian.

Suhu normal tubuh manusia berkisar antara 36,5 sampai 37 derajat celcius, namun hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa suhu terpanas yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Karena setiap manusia berbeda, kelembaban tubuhnya juga berbeda serta perbedaan jenis dari temperatur.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat udara terlalu panas seperti dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention yang dikutip FoxNews, Kamis (9/6/2011):

1. Minum lebih banyak cairan meskipun tubuh tidak merasa haus.
Tapi jika ada masalah kesehatan seperti penyakit tertentu sehingga dokter membatasi asupan cairan Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter berapa banyak cairan yang aman dikonsumsi.

2. Hindari minuman yang sangat dingin saat udara terlalu panas karena dapat menyebabkan kram perut jika suhu tubuh sedang tinggi.

3. Jangan minum minuman yang beralkohol atau mengandung banyak gula karena minuman alkohol dan manis bisa membuat Anda kehilangan cairan tubuh lebih banyak.

4. Batasi kegiatan di luar, dan pilih melakukan aktivitas di luar ruangan pada pagi atau sore hari. Banyaklah berlindung di tempat teduh.

5. Jika harus pergi ke luar ruangan kenakan tabir surya, topi yang lebar, payung dan kacamata untuk meredam siraman matahari yang panas.

6. Jangan meninggalkan bayi, anak-anak atau binatang peliharaan dalam mobil walaupun untuk waktu yang singkat karena panas dapat membunuh dengan cepat.

7. Usahakan untuk menggunakan baju yang tipis dengan warna cerah sehingga tidak membuat tubuh makin panas.

8. Jika tubuh Anda berkeringat terlalu berlebihan, maka tubuh perlu mengganti zat garam dan mineral yang keluar akibat keringat. Caranya bisa dengan minum minuman yang mengandung elektrolit.

9. Penggunaan AC saat udara terlalu panas juga sangat membantu mendinginkan suhu tubuh.

Orang yang paling rentan mengalami kematian akibat peningkatan suhu panas yang terlalu ekstrem adalah orang yang berusia lanjut, tidak memiliki akses ke pendingin udara, orang yang obesitas dan orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Reaksi awal dari tubuh terhadap panas yang berlebihan adalah mengalami ruam panas dan juga kram otot. Jika tidak segera ditangani maka akan timbul gejala yang lebih berat akibat otot tidak mendapatkan cairan elektrolit yang cukup. Salah satunya adalah kulit berubah menjadi merah dan kering. Bagian tubuh yang akan terkena dampak peningkatan suhu ekstrem ini adalah sistem saraf pusat dan juga sistem peredaran darah.

Tubuh yang terlalu panas akan mengalami gejala seperti dilansir Livestrong yaitu:

  1. Berkeringat berat
  2. Kram otot
  3. Sakit kepala
  4. Detak jantung cepat
  5. Pingsan
  6. Kram perut.
(ir/ver




Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/09/122810/1656625/766/cara-bertahan-dari-udara-panas?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment