Badan Jangan Gemuk-gemuk Biar Paru Tak Tersumbat

img


 Kegemukan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan mulai dari diabetes hingga hipertensi. Baru-baru ini, para peneliti menemukan kaitan erat antara kegemukan dengan peningkatan risiko kematian akibat embolisme atau penyumbatan paru-paru.

Temuan ini disimpulkan dari hasil otopsi terhadap sejumlah kasus kematian mendadak yang terjadi di Afrika Selatan selama tahun 2000-2009. Sebagian dari kasus tersebut dipicu oleh Pulmonary Thromboembolism(PTE) atau disebut juga embolisme paru.

Berdasarkan analisis, kematian mendadak akibat embolisme paru dialami pasien dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) rata-rata 29,6 atau sedikit di bawah kategori obesitas yakni 30. Sementara pasien yang mati karena sebab lain memiliki rata-rata IMT lebih rendah yakni 25,9.

Data yang dihimpun juga mengungkap bahwa jumlah kematian akibat embolisme paru megnalami penignkatan dari tahun ke tahun. Jika pada periode tahun 2000-2004 hanya sekotar 3,59 persen, jumlahnya meningkat menjadi 3,71 persen pada periode 2005-2009.

Meski masih harus diteliti lebih lanjut untuk memastikan mekanisme yang terjadi, hubungan antara kegemukan dengan embolisme paru tampak cukup kuat dalam penelitian ini. Karena itu para peneliti menyarankan, berat badan harus dijaga untuk mengurangi risiko kematian mendadak.

"Jika benar ada kaitan antara IMT dengan risiko embolisme paru, maka akan berpengaruh pada prosedur penganganan penyakit di rumah sakit," ungkap salah seorang peneliti, Prof Roger Byard seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Senin (6/6/2011).

Pulmonary Thromboembolism (PTE) sendiri adalah kondisi penyumbatan pembuluh darah yang menuju paru-paru, akibat terjadinya penggumpalan darah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu kematian karena fungsi paru-paru untuk bernapas akan terhambat.

Beberapa pemicu PTE seperti dikutip dari BBC Health antara lain sebagai berikut.

  1. Aliran darah yang tidak lancar, lambat atau berputar di satu titik
  2. Ketidaknormalan mekanisme penggumpalan darah
  3. Radang yang terjadi pada dinding pembuluh darah.
 (up/ir


Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/06/134859/1653986/763/badan-jangan-gemuk-gemuk-biar-paru-tak-tersumbat?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment