Anak yang Senang Mengasari Teman Biasanya Kurang Tidur

img



Bullying atau perilaku kasar baik berupa olok-olok maupun kekerasan fisik sering terjadi di kalangan anak sekolah. Menurut penelitian terbaru, pelakunya rata-rata kurang tidur sehingga otaknya tidak mampu mengontrol perilaku agresif.

Penelitian yang dilakukan di University of Michigan tersebut mengungkap, perilaku kasar akibat kurang tidur juga mempengaruhi kesehatan secara umum. Anak-anak yang kurang tidur rata-rata 2 kali lebih berisiko mengalami sesak napas dan mengantuk di kelas.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurang tidur punya peran dalam bullying atau perilaku agresif lainnya," ungkap salah satu peneliti, Louise O'Brien dalam laporannya di jurnal Sleep Medicine seperti dikutip dari HealthDay, Minggu (5/6/2011).

Kurang tidur yang dialami sebagian pelaku bullying menurut O'Brien dipicu oleh bebagai gangguan tidur, terutama yang berhubungan dengan kerusakan pada saluran napas. Contohnya adalah sleep apnea atau henti napas serta penyempitan saluran napas penyebab ngorok.

Faktor lain yang menyebabkan anak-anak tersebut kurang tidur adalah teknologi, misalnya terlalu banyak menggunakan komputer dan memainkan video game. Pemakaian teknologi secara berlebihan mengurangi aktivitas fisik, sehingga tubuh tidak cukup bugar untuk bisa tidur nyenyak.

O'Brien menambahkan, kurang tidur sangat mempengaruhi bagian otak yang disebut prefrontal cortex yang fungsinya mengontrol emosi dan perilaku. Gangguan pada bagian ini memicu perilaku kasar, nakal dan rentan terlibat penyalahgunaan obat terlarang.

Sementara untuk meningkatkan kualitas tidur pada anak, O'Brien menyarankan beberapa tips sebagai berikut.

  1. Kurangi fasilitas elektronik di kamar anak, termasuk video game dan pesawat televisi
  2. Buatkan jadwal tidur yang teratur, selama 11-13 jam/malam untuk anak prasekolah dan 10-11 jam/malam untuk anak sekolah
  3. Jadikan tidur yang cukup sebagai prioritas utama dalam rumah tangga.
 (up/ir



Sumber:http://health.detik.com/read/2011/06/05/120659/1653339/764/anak-yang-senang-mengasari-teman-biasanya-kurang-tidur?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment