Jangan Remehkan Gangguan Penglihatan Pada Anak

img



Gangguan mata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, karena saat ini anak-anak kecil banyak yang sudah mengalami gangguan mata. Tapi kondisi ini sebaiknya jangan diabaikan dan butuh penanganan.

Mayoritas anak-anak kecil memiliki masalah pada salah satu matanya, meskipun ada juga yang terjadi pada kedua mata. Penyebabpaling umum adalah astigmatisme (silindris), rabun jauh, amblyopia atau mata malas (lazy eye).

Peneliti mengungkapkan pentingnya mendiagnosa dan memperbaiki gangguan penglihatan pada anak-anak muda, sehingga ia bisa memasuki masa sekolah dengan baik dan tanpa gangguan. Hasil ini dilaporkan dalam jurnal Ophthalmology.

"Jika segera ditangani, maka gangguan ini bisa diperbaiki lebih mudah. Tapi jika dibiarkan saja maka gangguan mata yang terjadi bisa bertambah buruk," ujar Dr Rohit Varma, peneliti dari University of Southern California, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (31/5/2011).

Peneliti dari University of Sydney menganalisis lebih dari 1.000 anak-anak berusia 2,5-6 tahun. Diketahui silindris adalah masalah mata paling umum yang mempengaruhi lebih dari setengah partisipan dan diikuti dengan rabun jauh serta mata malas (lazy eye).

Rasio antara anak laki-laki dan perempuan cenderung memiliki masalah penglihatan yang sama. Namun anak yang lahir dengan berat badan rendah memiliki peningkatan risiko terhadap masalah penglihatan.

Anak-anak dengan gangguan penglihatan yang mendapatkan penanganan dengan cepat seperti kacamata, kondisinya cenderung tidak memburuk dibanding dengan yang tidak tertangani. Beberapa hal kemungkinan menjadi penyebab dari masalah ini.

"Saya berpikir bahwa sebagian dari mereka dipengaruhi oleh turun-temurun atau genetik, tapi ada juga yang dipengaruhi oleh lingkungan baik dari makanan atau cara menonton televisi dan membaca," ujar Dr Michael Repka dari Wilmer Eye Institute di Johns Hopkins.

Sistem penglihatan anak masih tumbuh dan berkembang terutama selama 5 sampai 6 tahun pertama. Sehingga disarankan orangtua memberi perhatian khusus dari kebiasaan si kecil yang bisa membuat matanya rabun, serta melakukan pemeriksaan mata secara teratur pada anak.(ver/ir




Sumber:http://health.detik.com/read/2011/05/31/101456/1650606/764/jangan-remehkan-gangguan-penglihatan-pada-anak?l991101755
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment