topeng berusia 300 tahun asli indonesia !!


Gan di cirebon ada topeng berusia 300 tahun??wooW cekidot
langsung aja buka gan
Spoiler for pesan:


NGAMPRAH, (PRLM).- Sepintas tidak ada yang istimewa dari topeng yang didominasi warna merah muda itu. Bentuknya bahkan lebih kecil daripada ukuran wajah orang kebanyakan. Namun, topeng peninggalan mendiang maestro tari topeng asal Cirebon, Mimi Minarsih itu diyakini berusia lebih dari 300 tahun dan memiliki kekuatan magis.
 

Topeng bernama Samba Abang itu untuk pertama kalinya dipamerkan dalam galeri seni Bandung Wayang Festival di Bale Pare, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Topeng itu disimpan dalam etalase tertutup dengan taburan kembang tujuh rupa di sekelilingnya. Di dalam topeng itu juga tersimpan sejumlah uang logam.
 

"Dulu topeng ini memiliki pasangan, yakni topeng Samba Putih yang berwarna putih. Sepasang topeng itu merupakan simbol perjuangan untuk meraih kemerdekaan RI," kata cucu ketiga Mimi Rasinah, Aerli, saat ditemui di Kota Baru Parahyangan, kemarin.
 

Namun, topeng Samba Putih itu telah dipecahkan penjajah Belanda kala itu, sehingga yang tersisa tinggal topeng Samba Abang. Aerly mengungkapkan, topeng itu diyakini memiliki kekuatan magis dan memiliki keinginan sendiri.
 

"Pernah ada penari yang memakai topeng itu hingga akhir hayatnya karena topeng itu tidak bisa lepas dari wajahnya. Setelah dia meninggal, topeng itu baru bisa dilepas," ucap Aerly.
 

Dia juga mengaku sempat memakai topeng itu tetapi hanya beberapa menit karena merasa pusing. Jika ingin memakainya, penari harus menyimpan uang logam di balik topeng itu dengan jumlah yang tidak ditentukan.
 

Karena kekuatan magis yang dimilikinya, topeng itu juga mendapatkan perlakuan khusus di antara koleksi topeng milik mendiang Mimi. Selain dimandikan setiap malam Jumat, topeng itu pun disimpan di rak khusus dalam lemari topeng. (A-192/A-26)***
 

nih gan ada beberapa pict topeng yang lainnya ini KW/karena yang asli udah gk ada. 

Spoiler for pesan:

Akronim dari kata MAPAN ning kang SIJI, artinya tetap kepada yang satu atau Esa. Tiada Tuhan selain Allah Swt.

Spoiler for pesan:

Berasal dari kata Arum / Harum dan Yang / Hyang (Tuhan).Maknanya bahwa kita senantiasa mengharumkan nama Tuhan yaitu dengan Do’a dan dzikir



sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8139314
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment