Tips Menjaga Kesehatan Bila Bekerja Lama di Depan Komputer





Hampir setiap hari kita berhubungan dengan komputer atau laptop entah untuk menyelesaikan pekerjaan kita, tugas kuliah/sekolah, main game, internetan, Facebook, twitter, chatting, nonton video dan lain sebagainya. Banyak orang yang menghabiskan waktunya seharian di depan kompie, bisa 8 sampai 12 jam setiap harinya. Profesi seperti blogger professional atau internet marketer, penulis, editor, designer grafis bahkan mungkin menghabiskan waktunya di depan komputer lebih lama dari itu.

Penting bagi kita yang menghabiskan waktu di depan laptop/kompie untuk menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik namun kesehatan tetaplah juga penting. Ada banyak pengaruh negatif bila kita bekerja dengan komputer dan untuk melindungi diri kita tulisan ini mungkin bisa bermanfaat:


Tips Melindungi Dan Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah aset dan tool terbesar kita bekerja dengan komputer yang wajib kita lindungi. Yang bisa kita lakukan adalah ambillah waktu 15 menit untuk istirahat setiap 45 menit dan sering-seringlah mengedipkan mata pada saat menatap monitor atau kita bisa juga menggunakan tetes mata setiap 3-4 jam. Ini penting karena bila berkedipnya kurang, mata kita bisa kering alias mengakibatkan dry eyes. Dan tahukah anda bila kebiasaan malas berkedip ini kita pelihara bisa merusak mata, antara lain penglihatan jadi blurry atau kabur, mata jadi gampang teriritasi dan bahkan terjadi peradangan, radang itu seperti mata bengkak dan kemerahan. Sebenarnya mengedip adalah mekanisme fisiologis yang Tuhan berikan kepada kita agar mata tetap basah, akan tetapi bila anda tidak dapat berkedip sesering mungkin maka kita masih bisa menggunakan tetes mata yang dengan mudah bisa kita peroleh di Apotek.

Masalah lain yang bisa muncul adalah terjadinya atrophy atau pengecilan otot-otot mata karena saat bekerja di depan komputer mata kita tidak banyak bergerak. Atropi otot mata bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan mata untuk fokus pada objek yang dekat.

Untuk mencegah dan mengatasi berkurangnya kemampuan fokus otot-otot mata, kita bisa melakukan ‘olahraga mata’. Caranya:
- Pertama, menggerakkan mata dari kiri ke kanan 6-8 kali dan lakukan sebaliknya dari kanan ke kiri sebanyak 6-8 kali juga.
- Kedua, menggerakkan mata dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri secara horizontal sebanyak 10-12 kali.
- Ketiga, menggerakkan mata dari atas ke bawah 10-12 kali. Ini mesti dilakukan hati-hati dengan pelan-pelan untuk mencegah rusaknya otot mata.
- Keempat, letakkan sesuatu dengan jarak 30 centi dari mata lalu fokus pada obyek tersebut kemudian fokus ke sesuatu yang jauh dari objek tersebut. Kemudian kembali fokus ke objek yang dekat, ini diulangi 6-8 kali.

Latihan ini hanya akan melindungi mata kita selama 15 menit sehari, oleh karena itu lakukanlah latihan ini pada jam istirahat pertama (saat kerja) dan kedua saat setelah jam makan siang, akan tetapi jangan lakukan latihan ini terlalu cepat.

Hal lain yang bisa kita lakukan adalah melihat sekeliling kita, pohon, tanaman, rumput dan hal lain semisalnya. Warna dari pemandangan alam akan membuat kita merasa lebih baik. Selain itu anda juga bisa menutup mata selama 3-4 menitan untuk memberikan waktu bagi mata untuk istirahat, tapi jangan sampai tertidur ya.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan kacamata pelindung seperti kacamata anti radiasi. Harganya mungkin akan lebih mahal dari lensa kacamata biasa tapi saya pikir worth it lah untuk melindungi mata kita.

Tips Melindungi Dan Menjaga Kesehatan tubuh

Selain mata, bekerja dengan komputer juga mempengaruhi tubuh kita secara keseluruhan. Kursi yang kita duduki usahakan dibuat senyaman mungkin untuk bekerja, empuk duduki dan memiliki sandaran yang pas dan bisa menampung dengan baik punggung kita. Meskipun demikian bekerja selama 8-12 dengan duduk tetap masih bisa mengakibatkan punggung kita kaku dan nyeri. Untuk menghindarinya kita mesti melakukan latihan kecil, dan luangkan waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Agar tubuh kita tetap fit, lari pagi dan berenang bisa mencegah tubuh kita mendapatkan masalah ini.

Dan hal terpenting lainnya adalah makanan. Cobalah makan makanan terbaik yang bisa kita dapatkan dan ingat selalu bahwa sedikit bergerak akan berakibat naiknya berat badan, jadi sering-seringlah bergerak. Selain itu jangan makan makanan fast-food, lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah karena vitamin yang dikandungnya sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dan saran penting lainnya adalah, mengingat kita sudah banyak menghabiskan waktu di depan komputer, sedapat mungkin jangan dekat dekat dengan komputer bila tidak kita perlukan karena bagaimanapun processor komputer memiliki radiasi yang meskipun levelnya rendah tetap saja bisa berpengaruh ke tubuh kita.
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

2 comments :

Post a Comment