Bintang Terdingin Suhunya Seperti Segelas Kopi


Michael Liu

Sebuah bintang berjarak 75 tahun cahaya dari Bumi mungkin bintang terdingin yang pernah ditemukan. Suhunya tidak lebih panas daripada secangkir kopi yang baru selesai diseduh.

Bintang dengan kode CFBDSIR 1458 10b memiliki temperatur berkisar 97 derajat Celcius pada permukaan. Sebelumnya, bintang terdingin yang pernah ditemui memiliki temperatur 150 derajat Celcius.

Bintang yang dipanggil "bintang kerdil cokelat" ini termasuk bintang gagal. Bintang seperti itu punya panas dan sifat kimia seperti bintang, tapi tidak punya massa yang cukup untuk menyalakan fusi nuklir pada inti mereka.

Selain mendapati permukaan yang dingin, Michael Liu, astronom dari University of Hawaii, juga mengatakan bahwa bintang kerdil dengan ukuran 6 hingga 15 kali massa Jupiter itu punya atmosfer dengan awan dari air.

Liu menyatakan kalau hal yang paling menyenangkan dari temuan ini adalah awal dari penemuan kelas objek baru yang tidak jelas antara planet dan bintang. "Saya rasa ini mengejutkan bagi komunitas astronomi," kata Liu kepada National Geographic.

Bintang kerdil cokelat ini sepertinya tidak akan menyandang gelar planet terdingin lama-lama. Ilmuwan dengan Spitzer Space Telescope sedang memastikan ada bintang kerdil lain yang lebih dingin dengan temperatur 30 derajat Celcius
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment