Tren Hitam-Putih untuk Tema Pernikahan


img

 - Penentuan tema warna jadi salah satu unsur yang harus diperhatikan saat merencanakan resepsi pernikahan.

Bagi calon mempelai yang masih bingung memilih warna untuk dekorasi pesta maupun gaun pengantin, bisa coba berkunjung ke pameran pernikahan di Grand Indonesia Shopping Town (GIST), Jakarta, yang diadakan sejak kemarin hingga Minggu besok (22-27 Maret 2011).

Pameran bertajuk 'Wedding Romance Week' ini menawarkan inspirasi dekorasi pesta dengan kombinasi serba hitam-putih. Bukan tanpa alasan kenapa dua warna netral ini yang dipilih. Menurut Elizabeth Diany Pranata (Diany), founder Bella Donna Group, hitam dan putih memang menjadi tren pernikahan tahun ini.

"Ya, kali ini sedang tren nya hitam-putih untuk pernikahan. Penggunaan warna hitam sebenarnya bukan hal baru di dunia pernikahan. Adat Jawa, misalnya, pakaian pengantin tradisionalnya kan kebaya beludru hitam. Budaya Barat yang biasanya putih juga kini mulai memakai hitam untuk pernikahan," jelas Diany, saat pembukaan WRW di GIST.

Pendapat yang sama juga diutarakan desainer busana dan penata rias pengantin Chenny Han. Menurutnya, calon pengantin kini lebih variatif dalam menentukan tema pernikahan. Hal ini yang kemudian memunculkan ide baru bahwa hitam-putih bisa jadi tema warna yang menarik untuk pesta pernikahan.

"Memang ada kecenderungan ke situ. Hitam-putih kombinasi yang bagus," ujar desainer busana pengantin ini.

Namun Chenny menegaskan, sebenarnya tidak ada pakem yang pasti dalam tren pernikahan. Karena akan kembali lagi ke nilai-nilai yang dianut setiap pasangan. Chenny mencontohkan, bagi pengantin Cina, memakai hitam bisa mendatangkan nasib sial. Namun bagi pengantin lain, hal itu tidak masalah.

Lulusan sekolah mode LPTB Susan Budiharjo ini pun memberikan sedikit tips untuk calon pengantin yang ingin mengadaptasi tren hitam putih.

"Saran saya, tetap gunakan putih sebagai warna dominan. Karena putih merupakan lambang kesucian dalam pernikahan. Pakai warna hitam 20-30 persen saja," terang Chenny.

Untuk gaun misalnya, jadikan hitam sebagai aplikasi di atas kain putih. Aplikasi bisa berupa pita di bahu kanan, korsase, atau motif bunga-bunga kecil di bagian bawah ball gown. Karena hitam sangat kontras dengan putih, maka penggunaan sedikit saja sudah cukup menarik perhatian.
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment