Osborne1 : LAPTOP PERTAMA di DUNIA




Quote:
Di tahun 1970-an gagasan komputer pribadi yang portabel pertama kali dipikirkan oleh Alan Kay di Xerox PARC. Orang ini bahkan maju ke depan dan menerbitkan gagasan itu. Gagasan itu segera disambut oleh yang lain, yang akhirnya disepakati nama untuk proyek laptop pertama adalah Osborne1. Pertama diproduksi pada tahun 1981 oleh Adam Osborne, seorang yang bekerja di penerbitan buku, beratnya sekitar 11 kg. Raksasa ini dilengkapi dengan layar monitor 5-inci, kelihatan seperti sebuah ponsel yang berukuran raksasa, layar yang kecil dalam sebuah mesin yang besar.
Spoiler for gambar laptopnya
Keren khan... Mau?

Osborne1 menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan opsional, serta menggunakan dua floppy drive ukuran 5 ¼ inci, modem port, keyboard, baterai pack dan dibandrol dengan harga sebesar $1800. Jadi, bagaimana kinerjanya?, Well, ibarat pegulat Sumo sedang sprint 100 meter, bisa Anda bayangkan? ini bukanlah sebuah laptop dalam arti yang sebenarnya. Meskipun bisa dibawa kemana-mana, tapi kita sama saja dengan menggendong Anak berumur sekitar 3-4 tahun kemana-mana.

UPDATE PIC


Spoiler for klik

Spoiler for klik

Spoiler for klik

Spoiler for klik

Spoiler for klik

Spoiler for klik

News Update+Spesifikasinya

Quote:
Osborne 1, Laptop Pertama Yang Dibuat 29 Tahun Yang Lalu
ada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation, Osborne 1 dianggap sebagai komputer portabel pertama dunia, memiliki perlindungan yang cukup kuat saat ditutup, dan juga bisa dibawa kemana-mana karena memiliki pegangan saat ditutup. Ia bahkan memiliki baterai opsional, sehingga tidak perlu dicolokkan ke stop kontak 110VAC untuk daya.


Sementara cukup revolusioner, Osborne 1 memang memiliki keterbatasan. Sebagai contoh, layar hanya 5 inci (diagonal) dalam ukuran, dan tidak dapat menampilkan lebih dari 52 karakter per baris teks. Untuk kompensasinya, Anda benar-benar dapat menggulir tampilan layar bolak-balik dengan tombol kursor untuk menunjukkan baris teks hingga lebar 128 karakter.

Osborne 1 dirancang dengan transportasi dalam pikiran, harus kuat dan mampu bertahan lama tanpa cepat rusak. Itulah satu alasan bahwa layar dibuat sangat kecil, layar yang lebih besar dan lebih berat akan lebih rentan terhadap kerusakan.

Dirancang sebagai sebuah sistem komputer yang benar-benar portabel, dapat disimpan dalam bagasi saat Anda bepergian menggunakan pesawat, atau sangat cocok disimpan di bawah kursi penumpang dari setiap pesawat komersial.


Osborne 1
Introduced: April 1981
Price: US $1,795
Weight: 24.5 pounds
CPU: Zilog Z80 @ 4.0 MHz
RAM: 64K RAM
Display: built-in 5" monitor
53 X 24 text
Ports: parallel / IEEE-488
modem / serial port
Storage: dual 5-1/4 inch, 91K drives
OS: CP/M



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7612515
 
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment