Operator 'Curhat' Perilaku Pengguna Data RI

HeadlineJakarta- Seiring perkembangan pengguna data di Indonesia, penyedia jasa internet berambisi menarik pelanggan sebanyak mungkin. Trik utama adalah mengenal perilaku pengguna. Seperti apa?
Menurut GM Business Planning Development IM2, Hermanudin saat ditemui INILAH.COM pada Kamis (10/3), pengguna data di Indonesia memiliki karakteristik perilaku yang unik. Masyarakat menginginkan harga layanan data serendah mungkin dengan kapasitas data sebesar mungkin.
Dibandingkan Amerika Serikat yang memiliki rata-rata biaya berlangganan data per bulan Rp 500 ribu, rasio rata-rata Rp 100 ribu per bulan di Indonesia sangatlah rendah.
“Daya beli masyarakat masih rendah. Dibandingkan AS dengan rata-rata berlangganan Rp500.000/bulan, kita dengan Rp100.000/bulan tentu sangat terjangkau. Karenanya, wajar bila kapasitas maupun kecepatan akses data tidak bisa dibandingkan dengan negara lain,” kata Hermawan saat ditemui di pameran Mega Bazaar Computer 2011 di Jakarta pada Kamis (10/3).
Meskipun begitu, Hermawan optimistis layanan data dari para operator akan terus meningkat, meskipun harga berlangganan diperkirakan tidak akan lebih murah lagi.
"Kami memiliki penawaran berlangganan dari Rp50.000 hingga Rp200.000 yang dianggap sangat variatif bagi kebutuhan pelanggan. Harga tidak akan ‘dimainkan’ lagi. Kami memilih untuk menambah fasilitas kuota data," kata Hermawan.
Seiring waktu, akses data dinilai tidak lagi sebagai bagian dari gaya hidup tetapi kebutuhan. Karenanya, masyarakat tidak akan mempermasalahkan biaya penggunaan data jika kapasitas dan kualitas akses data terus meningkat.
“Jika kita berbicara soal kebutuhan maka harga tidak lagi jadi persoalan. Masyarakat memilih peningkatan kualitas akses data,” kata Hermawan.
Menurutnya, saat ini pengguna data di Indonesia sekitar 3-4 juta pengguna. IM2 menargetkan 1,5 juta pengguna di 2011, dua kali lipat dari jumlah di 2010 yang sebanyak 700 ribu pengguna.
Saat ini, IM2 memiliki ‘senjata’ layanan data berupa Broom100 yaitu layanan internet yang memanfaatkan jaringan 3,5 G dan prabayar. Dengan isi ulang Rp100 ribu, pelanggan dapat berinternet hingga 2 GB. [mor]

KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment