Jaga Tulang Kuat Sampai Tua dengan 3 Makanan Ini


img

 Berapapun usia Anda, menjaga kesehatan tulang sejak dini adalah sebuah keharusan. Dikutip dari times of india, osteoporosis (kondisi dimana tulang menjadi lunak dan mudah keropos) kini tidak lagi menyerang wanita/pria usia senja, tapi juga bisa dialami kalangan usia yang lebih muda.Hal ini dikarenakan, semakin banyak kalangan muda yang tidak menjaga asupan nutrisinya, terutama makanan yang mengandung kalsium.

Mencukupi kebutuhan kalsium tidak hanya dengan konsumsi susu, tapi bisa dari bahan makanan lain. Ini dia tiga makanan yang menjadi sumber utama kalsium.

Susu
Tak diragukan lagi, susu merupakan sumber utama kalsium serta vitamin D. Untuk menjaga kesehatan tubuh, minumlah susu rendah lemak atau tanpa lemak agar kebutuhan kalsium terpenuhi tanpa takut menjadi gemuk. Anda juga bisa mendapatkan asupan kalsium dari produk-produk olahan susu seperti keju, yoghurt atau es krim (pilih yang rendah lemak).

Kacang-kacangan
Suka ngemil kacang? Jika ya, ada kabar baik untuk Anda. Jenis kacang-kacangan seperti biji labu, almond, walnut, kacang mede atau kacang tanah kaya akan magnesium yang membantu pembentukan kalsium. Walnut, kaya akan asam lemak omega-3 dan alphalinoleic acid yang membantu menguatkan tulang.

Wortel
Sayuran berwarna oranye ini kaya akan alpha-carotene, beta carotene dan betacryptoxanthin yang baik untuk mempertahankan kekuatan tulang hingga lama. Jika Anda ingin tulang kuat hingga usia senja, rajinlah mengonsumsi wortel. Makan dalam keadaan mentah sebagai campuran salad (cuci dulu hingga bersih). Wortel mentah punya manfaat lebih baik dibandingkan yang dimasak matang.

Konsumsilah makanan ini setiap hari, dan Anda akan memiliki tulang yang kuat sampai tua.
KOTAK KOMENTAR

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More