TNI AL Akan Miliki Kapal Cepat Rudal Akhir Tahun 2011



Banyuwangi - TNI Angkatan Laut (AL) dipastikan akan segera memiliki Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran. Kapal didanai Anggaran dan Belanja Negara itu masih dalam proses pembuatan di PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi.

KCR Trimaran yang pengerjaannya sudah dimulai awal tahun 2010 itu, akan diuji coba di bulan Desember 2011. Kapal senilai Rp 250 miliar itu dibuat untuk mendukung pertahanan dan keamanan laut Indonesia.

"Uji coba kapal akan dilakukan Desember 2011," kata Wakil Menteri Pertahanan RI, Sjafrie Sjamsoedin, saat meninjau pembuatan KCR Trimarin di PT Lundin Industri Invest, Kamis (14/10/2010).

Dia menjelaskan, proyek itu sebagai bagian dari percepatan alat-alat pertahanan TNI dengan melibatkan perusahaan milik pemerintah maupun swasta nasional. Perusahaan dalam negeri dipilih untuk efisiensi anggaran.

KCR Trimaran memiliki spesifikasi, panjang 63 meter dan lebar 15 meter. Selain itu memiliki kapasitas 31 orang serta satu tim pasukan khusus. PT Lundin Industry Invest yang berdiri di Banyuwangi sejak tahun 2004 ini, telah berhasil memproduksi 72 unit kapal untuk keperluan militer dan lainnya.

"Selain itu, untuk SAR dan kapal pesiar. Hasil produksi diekspor ke Malaysia,
Brunei, Thailand dan Australia," 
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+