Roket China sudah Mendekati Bulan

Lima hari adalah waktu tempuh roket Long March 3C yang membawa penjelajah Chang’e-2 untuk sampai ke Bulan. Roket milik China itu diluncurkan pada Jumat (1/10/2010) dari pusat peluncuran Xichang.

Chang’e-2, sebagaimana warta Xinhua, akan digunakan untuk menguji sejumlah teknologi penting dan mengumpulkan data yang akan digunakan untuk pendaratan di Bulan di masa depan. Chang’e-2 akan mengorbit sekitar 15 km di atas permukaan berbatu untuk mengambil gambar lokasi pendaratan.
China mengatakan akan mengirim satu penjelajah yang bisa bergerak dalam misi berikut, dan negara ini juga berambisi untuk mendaratkan manusia di Bulan di masa yang akan datang.
Program ini merupakan penjelajahan ke bulan kedua yang dilakukan oleh China. Sebelumnya, misi pertama dilakukan pada 2007. Pesawat itu beredar di ruang angkasa selama 16 bulan dan kemudian dengan sengaja dijatuhkan ke permukaan bulan.
China meluncurkan misi penerbangan pesawat berawak ke orbit Bumi paling rendah pada tahun 2003. Kemudian, dua misi serupa kemudian dilakukan dan misi terakhir terjadi tahun 2008.
Sejauh ini, hanya tiga negara yang berhasil mengirim manusia ke ruang angkasa, yakni China, Rusia, dan Amerika Serikat.
Pada 2008, astronot China, pilot pesawat tempur Zhai Zhigang, berjalan di luar angkasa yang merupakan prestasi pertama dalam sejarah negara itu. Dia berada di luar kapsul Shenzhou-7 selama 15 menit. Langkah itu dipandang sebagai titik penting dalam ambisi China untuk membangun sebuah stasiun ruang angkasa dalam waktu dekat.

KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment