10-10-10 , Berkesan atau Mempertaruhkan nyawa ?? Cek dah gan


FENOMENA tanggal 10 bulan kesepuluh tahun 2010 (10-10-10) tidak dilewatkan begitu saja oleh masyarakat. Tak hanya dipergunakan sebagai waktu untuk menggelar berbagai peryataan seperti pernikahan, banyak pula ibu hamil yang berkeinginan menetapkan tanggal tersebut sebagai waktu lahir si buah hati.

Seperti di Rumah Sakit Hermina Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat, sebanyak 14 bayi telah lahir ke dunia hari ini. Tak hanya itu bahkan ada yang lahir pada pukul 10.10 WIB.

Salah satu dokter kandungan, Dr Binsar RH Sitompul, mengakui hal itu. "Ya, hari ini ada sebanyak 14 kelahiran, yang semuanya melalui operasi (caesar), pasien saya sendiri ada enam," katanya saat dihubungi Mediaindonesia.com Minggu (10/10). Dr Binsar menerangkan keenam pasiennya memang dilahirkan melalui indikasi, empat pasien melahirkan dengan berbagai indikasi. Seperti, masih terdapat bekas operasi caesar, mengalami preeklamsia, penyakit tiroid, pertumbuhan janin terhambat, ataupun para ibu hamil yang berpanggul sempit sehingga bayi yang berukuran besar, lebih dari 3 kg, tak dapat keluar.

Dengan kondisi itu, jelasnya, mereka tak punya pilihan selain melahirkan melalui operasi. Ia pun mengatakan kepada mereka bahwa bisa melahirkan kapan saja asal usia kandungannya mencukupi. "Usia yang cukup bagi bayi untuk dilahirkan yakni 37 minggu. Kami pun memberikan jeda 37-40 minggu. Dan, mereka pun memilih tanggal 10-10-10," ujarnya.

Adapun dua pasiennya lagi sebenarnya bisa melahirkan normal, tapi mereka memilih jalan operasi supaya bayi dapat lahir tepat pada hari ini. Pandi dan Suisyatty, salah satu pasangan suami-istri yang mendapatkan bayi pada hari ini mengaku mereka secara sengaja melahirkan bayi kedua mereka pada tanggal 10-10-2010 supaya sang anak diberikan banyak keberuntungan,

Adapula pasien yang melahirkan pada pukul 10.10 WIB. Saat hal itu dikonfirmasi kepada Dr Binsar, ia menuturkan, "Itu benar, dari pihak pasien memang meminta saya untuk dapat melakukan proses kelahiran tepat pada pukul 10.10. Tadinya saya tidak menjanjikan karena masih ada banyak pasien. Tapi, tenyata bisa, anastesi dilakukan pukul 10.00. Pukul 10.05 sayatan dimulai dan 5 menit kemidian bayi sudah lahir.
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga
Sebarkan ini ke: Twitter Google+

0 comments :

Post a Comment